Wajib Tahu! Selain Indonesia Inilah 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar Indonesia

Siapa yang tidak kenal kopi, kopi merupakan salah satu minuman yang populer di dunia dan sudah menjadi gaya hidup manusia saat ini.

Banyak orang di dunia ini hampir setiap hari mengkonsumsi kopi dengan tujuan untuk menjaga pikiran tetap fokus dan tidak mengantuk saat sedang beraktifitas.

Dengan adanya peningkatan konsumsi kopi ini, sehingga memberikan dampak positif bagi penghasil kopi di dunia. Budidaya kopi di seluruh dunia meningkat pesat seiring peminat yang bertambah. Negara-negara berlomba meningkatkan kualitas kopi dengan terus berinovasi dan terus berimprovisasi demi menemukan cara efektif meningkatkan kualitas produksi.

Kopi memiliki kandungan Kafein yang tinggi, hanya dengan secangkir kopi yang kita konsumsi, kafein yang terkandung di dalamnya sampai 85mg.

Kafein tersebut pada dasarnya berperan untuk meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh kita tetap terjaga dan memberikan efek peningkatan energi.

Selain kafein, banyak kandungan senyawa antioksidan juga terdapat di kopi yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menangkal efek kerusakan oleh radikal bebas. Senyawa-senyawa antioksidan yang terkandung dalam kopi antara lain seperti polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol.

Nah, penasaran kan negara mana saja yang menghasilkan kopi terbesar di dunia?

Berikut adalah ulasannya.

1. Brazil

Negara penghasil kopi terbesar pertama di dunia ini adalah Brazil. Brazil telah mendominasi pasar ekspor kopi sejak tahun 1830, dan pangsa ekspor Brazil mencapai 30% dari total ekspor biji kopi di dunia.

Jika berkunjung ke Brazil, kalian akan menemukan banyak perkebunan kopi yang terbentang dengan total luas mencapai sekitar 27.000 kilometer persegi atau sekitar 10.000 mil persegi. Perkebunan tersebut banyak ditemukan di wilayah-wilayah Minas Gerais, Espirito Santo, Sao Paulo, Bahia, Rondonia, dan Parana.

Menurut data dari International Coffee Organization, tahun 2014 Brasil menghasilkan kopi sebanyak 2,59 juta ton kopi yang didominasi oleh jenis kopi Arabika dan Robusta. Data di tahun 2018 juga menyebutkan bahwa Brasil mampu menghasilkan kopi hingga 3,702 juta ton. Jumlah ini menjadikan Brasil sebagai penyuplai 30-40 persen kopi di dunia loh.

2. Vietnam

Negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia adalah Vietnam. Di Vietnam, kopi sudah menjadi sumber pendapatan utama mulai di abad ke-20. Vietnam merupakan penghasil biji kopi Robusta yang jumlahnya hampir 97 persen.

Oleh sebab itu, Vietnam dikenal sebagai negara nomor satu penghasil kopi Robusta. Di tahun 2017 Vietnam berhasil memproduksi kopi sebanyak 1,758 juta ton dan meningkat lagi menjadi 1,77 juta ton di tahun 2018. 

Bagi kalian pecinta kopi robusta, mungkin beberapa yang kalian minum berasal dari Vietnam.

3. Kolombia

Negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia adalah Kolombia. Budidaya tanaman kopi sudah ada di Kolombia sejak tahun 1790, namun baru mulai diekspor pada tahun 1835. Produksi kopi Kolombia di tahun 2018 mencapai 852.000 ton yang didominasi jenis arabika.

Dengan jumlah yang begitu banyaknya, Kolombia berada di urutan ketiga negara penghasil kopi terbesar di dunia. Di Kolombia pernah terjadi penurunan jumlah kopi yang cukup drastis pada tahun 2006 hingga 2010 yang disebabkan oleh perubahan iklim.

4. Indonesia

Negara penghasil kopi terbesar di dunia keempat adalah Indonesia. Kopi yang diproduksi menurut data tahun 2018 mencapai 612.000 ton. Banyak sekali jenis kopi yang ada di Indonesia. Jenis kopi yang dihasilkan adalah arabika dan robusta. Untuk arabika sendiri, ada banyak varietasnya seperti typica, HDT, linie S, Ethiopian lines, Caturra cultivars, Catimor lines, dan lainnya.

Dari beberapa jenis kopi tersebut, kopi yang memiliki harga paling mahal di dunia adalah kopi luwak. Harganya mencapai US$ 100 per 450 gram nya atau sekitar 1.500.000 rupiah.

Proses pembuatan kopi yang tidak seperti kopi lainnya membuat jenis kopi luwak sangat unik yaitu berasal dari kotoran luwak. Biji tersebut juga mengalami fermentasi alami di dalam sistem pencernaan luwak sehingga rasa yang dihasilkan benar-benar unik dan tidak ada duanya.

5. Ethiopia

Negara penghasil kopi terbesar di dunia kelima adalah Ethiopia. Di Ethiopia, kopi menjadi salah satu pendapatan utama di negara ini. Pada tahun 2018, Ethiopia menghasilkan kopi sebanyak 450.000 ton. Jenis kopi di Ethiopia dibedakan berdasarkan asal wilayahnya seperti kopi sidama, genika, dan harar. 

Untuk varietasnya, biji kopi Ethiopia spesies arabika dibagi menjadi tiga kategori yaitu longberry, shortberry, dan mocha.

Demikian ulasan mengenai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua.