Arsitektur, Bukti Nyata Tentang Sebuah Peradaban Dunia

Dunia arsitektur benar-benar menjangkau ke seluruh lini kehidupan manusia. Ya, semua proses rancang bangunan apapun yang ada di dunia ini tentu akan memiliki keterlibatan seorang arsitek.

Mulai dari pembangunan skala makro, seperti tata rancang kota, pembangunan infrastruktur publik, pembangunan seluruh akses sumber daya; hingga pembangunan skala mikro, seperti hunian, desain interior bangunan, desain sebuah produk, pembangunan jaringan internet, bahkan perencanaan sebuah taman bunga sekalipun.

Seorang arsitek mampu memikirkan sebuah rancangan awal ataupun pondasi awal bagaimana sesuatu akan dibangun nantinya. 

Seorang arsitek diibaratkan seperti pembawa peta, ia akan memandu seluruh perjalanan sehingga bisa mencapai titik yang ditentukan. Dengan demikian, arsitek sangat membawa peran penting dalam merancang segala sesuatu sebagai pedoman awal untuk melangkah kedepan.

Arsitektur, dulu hingga sekarang

Bangunan candi Borobudur adalah salah satu bukti nyata bahwa ilmu arsitektur sudah ada pada ribuan tahun sebelumnya. Ya, candi Borobudur merupakan bangunan memiliki susunan berbagai stupa dan relief lainnya dengan susunan yang rapi dan kompleks.

Uniknya, pada zaman tersebut, candi Borobudur sudah memiliki konsep yang unik, dimana antar bangunannya memiliki konsep saling mengunci sehingga tidak dibutuhkan alat perekat antar material yang ada. Tentu ilmu ini berperan aktif dibalik ini semua.

Masih banyak sekali contoh-contoh candi maupun bangunan kuno di seluruh dunia yang memiliki desain yang artistik dan memukau sebagai tanda bahwa para arsitek sudah bermunculan pada zaman tersebut.

Karena ilmu ini merupakan turunan dari berbagai ilmu yang ada, maka seorang arsitek akan bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman.

Jika zaman dahulu sebuah candi berhasil terbentuk dengan berbagai kerumitan dan kompleksitas yang ada, sama dengan hal nya pada abad modern ini yang menggunakan jasa arsitek sebagai partner untuk membangun sebuah rumah atau tempat bisnis. 

Garden by the Bay adalah bukti nyata seorang arsitek menciptakan sebuah taman yang indah dengan perencanaan yang sangat kompleks. Taman yang terletak di Singapura ini memiliki desain yang sungguh menawan.

Ditambah dengan sebuah karya Cloud Forest yang memberikan sensasi taman dengan air terjun yang tinggi di dalam bangunan kaca yang menutupinya. Ini adalah karya rancang bangun terhebat yang pernah ada dan masih banyak sekali contoh karya arsitek yang sangat memukau di berbagai belahan dunia lainnya.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai dunia arsitektur sebagai tambahan referensi anda. Ilmu ini tidak akan pernah lenyap dan saling terintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya.