Inilah Cara Menanam Bunga Melati Sederhana

 

Bunga melati adalah bunga cantik yang merupakan bunga nasional beberapa negara. Bunga ini terkenal dengan bau khasnya. Bahkan beberapa orang menganggap bunga yang satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, bunga melati adalah bunga yang bisa ditanam dengan mudah. Kamu hanya perlu beberapa langkah untuk menanam bunga yang satu ini. Langkah ini pun cukup mudah, kamu tidak perlu menggunakan cara khusus untuk menanam bunga melati.

Selain indah dipandang, dalam skala besar, bunga melati bisa kamu budidayakan untuk menambah penghasilan kamu. Nah, bagaimana sih cara menanam bunga melati dari biji?

Cari Tempat yang Sesuai

Cara Menanam Bunga Melati

Cara menanam bunga melati dalam pot cukup gampang. Kamu hanya perlu membeli pot dan mengisinya dengan tanah. Namun, jika kamu ingin menanam bunga ini dalam skala besar, hingga jadi kebun bunga melati, kamu tentu harus memiliki lahan yang lebih luas.

Tanah yang tepat ditanami bunga melati adalah tanah yang subur, memiliki ketinggian, pH, dan suhu lingkungan yang pas. Hal ini sebenarnya berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga melati yang kamu tanam.

Untuk sekedar ditanam di depan rumah, kamu tidak memerlukan tanah yang luas. Asalkan tanahnya subur dan suplai air serta cahaya ada, pasti bunga melati kamu bakalan tumbuh dengan baik dan segar.

Pembibitan

Cara menanam bunga melati dengan stek dimulai dengan melakukan pembibitan. Caranya adalah kamu harus memotong batang melati sepanjang 15 cm per satu stek bibit. Setelah itu, kamu siapkan polybag sebagai tempat pertumbuhan bibit yang sudah kamu stek.

Pastikan ketika sudah ditanam pada polybag, kamu harus mengatur kelembaban udara di sekitar bibit itu. Tujuannya adalah untuk mempercepat pertumbuhan dan merangsang pertumbuhan bibit bunga melati.

Pengolahan Tanah yang Sesuai

Kalau kamu memakai pot atau hanya ingin menanam bunga melati sebagai hiasan, kamu hanya perlu memasukkan tanah yang subur ke dalam pot itu. Jangan lupa berikan pupuk untuk menambah unsur hara dalam tanah.

Setelah itu, pastikan tanah tidak terlalu padat, karena jika terlalu padat, akan menghambat pertumbuhan akar dalam bibit bunga melati kamu.

Jika kamu menanam untuk dibudidayakan, maka kamu harus mengolah tanah seperti membajak kebun. Membuat tanah lapang menjadi gembur dan harus kamu pastikan tanah itu bakalan gampang dijadikan proses pertumbuhan bunga melati.

Jadi, tidak boleh asal tanam tanpa mengolah tanah terlebih dahulu. Sebab hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan bunga melati kamu.

Penanaman

Kemudian, kamu tanam bunga melati dengan baik. Jangan sampai pada proses menanam ini, ada akar yang tercabut atau putus. Karena jika hal itu terjadi, akan mempengaruhi perkembangan bunga melati kamu.

Jangan tanam terlalu dalam dan juga terlalu dangkal. Sewajarnya saja, dikira-kira akar itu bisa mencengkram tanah dan mampu menahan beban bunga melati.

Memanen dan Menikmati

Langkah terakhir adalah memanen bunga melati yang sudah kamu tanam. Proses pemanenan ini tentu harus hati-hati. Jangan sampai, memotong batang melati. Cukup ambil bunganya untuk dimanfaatkan.

Jika kamu menanam hanya untuk hiasan rumah, kamu tidak perlu memanennya. Cukup nikmati bunga yang satu ini tumbuh dan berkembang dengan kesegaran warna bunganya.

***

Itu dulu aja cara menanam bunga melati yang bisa kamu terapkan pada taman atau kebun kamu yg bersumber dari website https://www.aliciaflorist.com/. Menanam bunga melati memang tidak rumit, kamu hanya perlu ketelatenan dan kesabaran. Dengan sedikit perawatan, bunga yang satu ini pasti tumbuh dengan harum.