Lakukan 4 Hal Ini Agar Mesin Cuci Awet, Salah Satunya Wajib Service Mesin Cuci

Bagi Anda yang super sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian dengan tangan, maka kemajuan teknologi sangat menolong Anda dengan sebuah alat yang dinamakan mesin cuci. Tidak hanya efektif untuk mencuci dan mengeringkan pakaian, alat ini juga efektif untuk Anda melakukan kegiatan lainnya sembari menunggu cucian selesai. Nah, agar mesin tidak rusak, lakukan 4 hal di ulasan berikut ini, salah satunya adalah rajin service mesin cuci di jasa service mesin cuci.

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Rusak

Entah itu mesin cuci berjenis front loading atau mesin cuci berjenis top loading, keberadaan peralatan elektronik ini memang dirasa sangat membantu dalam kegiatan bersih-bersih. Tidak hanya pakaian bisa kering dan bersih dalam waktu singkat, Anda juga tidak memerlukan effort besar untuk melakukannya. Tinggal masukkan ke dalam mesin, dalam sekejap cucian Anda akan selesai. Nah, lakukan 4 hal dibawah ini agar mesin Anda tetap awet, yaitu :

  • Gunakan Sesuai Kapasitas

Pertama, agar mesin cuci tidak cepat rusak, maka Anda harus menggunakannya sesuai kapasitas. Jangan pernah memasukkan cucian yang semua beratnya melebihi kapasitas yang bisa ditampung mesin Anda. Contohnya, mesin cuci Anda hanya berkapasitas 7 kg namun Anda sering mencuci pakaian berbobot 10 kg. Hal ini jelas akan membuat mesin Anda cepat rusak karena kinerjanya yang dipaksakan.

  • Lindungi Panel Kontrol dari Air

Kedua, agar mesin cuci tidak cepat rusak, maka Anda harus melindungi panel kontrol dari cipratan air. Panel ini memang sangat rentan rusak apabila terkena air sehingga Anda harus mencegah dan senantiasa mengecek apakah rembesan air masuk ke dalam panel ini.

  • Tempatkan Mesin Cuci di Permukaan yang Datar

Selanjutnya, agar mesin cuci tidak cepat rusak, maka Anda harus menempatkannya di permukaan yang datar. Bagi Anda mungkin ini sepele dan tidak penting, namun tahukah Anda bahwa permukaan yang datar akan membuat kinerja putaran gear box tidak terganggu? Alhasil, mesin Anda akan beroperasi dengan sempurna, tidak ada noise, dan tidak cepat rusak.

  • Rajin Servis

Terakhir, Anda harus rajin service mesin cuci agar tidak cepat rusak. Servis tidak hanya memperbaiki kerusakan saja, tapi servis sebenarnya juga termasuk perawatan dan pemeliharaan. Jadi, jangan salah persepsi bahwa servis hanya bisa dilakukan nanti saat mesin sudah rusak.

Demikian ulasan mengenai 4 hal yang wajib dilakukan agar mesin cuci tidak cepat rusak, salah satunya adalah rajin service mesin cuci. Semoga ulasannya bermanfaat.