Desain Menawan Furniture Jepara Mewah

Tidak sedikit orang yang percaya, bahwa dekorasi ruangan menunjukkan kelas ekonomi dari pemiliknya. Seperti furniture, orang akan menilai bahwa pemilik rumah termasuk dalam kelas ekonomi tinggi jika memiliki ruang tamu yang dihiasi furniture mahal seperti furniture Jepara mewah. Furniture Jepara memang termasuk kategori furniture premium dengan kualitas dan keindahan yang tidak diragukan lagi. Disini, kita akan membahas beragam desain ukiran yang digunakan untuk memperindah furnitureJepara.

Ragam Desain Furniture Jepara Mewah

Terdapat furniture klasik yang tergolong dalam Furniture Jepara Mewah. Furniture ini biasanya dihiasi beragam ukiran yang begitu detail. Pada dasarnya Kayu Jati telah memiliki serat kayu natural yang begitu cantik. Belum lagi, tampilan halus yang diberikan menambah kesan premium. Di tangan handal perajin Jepara, kayu tersebut diukir sedemikian detail tanpa menghilangkan kesan halus pada permukaannya. Sehingga, nilai jual furniture klasik ini tergolong tinggi dibandingkan dengan furniture sejenis. Beberapa motif yang sering digunakan, antara lain:

–    Motif Makara
Makara adalah ukiran gabungan dari kedua budaya, yaitu Islam dan Jawa (Hindu). Makara merupakan makhluk mitologi yang terdapat dalam dongeng hindu, jadi jangan heran jika menemukannya pada candi-candi di Indonesia. Makara adalah perpaduan dua hewan, seperti gajah serta naga atau perpaduan hewan lain.

–    Motif Ukir Naga
Ukiran naga merupakan salah satu ukiran yang banyak digunakan pada ukiran Jepara. Simbol penguasa ini merupakan hewan mitologi yang terkenal ke seluruh penjuru dunia. Selain pada furnitureJepara, motif ini juga sering digunakan pada pintu masjid, gebyok serta lukisan khas suku dayak. Di Jepara sendiri, seni ukir gebyok tersentral di Desa Blimbingrejo.

–    Motif Gunungan
Motif gunungan juga dikenal dengan sebutan motif daun atau tumbuhan. Pada pengaplikasiannya, motif ini berbentuk daun serta tumbuhan yang berada di sekitaran pegunungan. Berbentuk meruncing, tanaman yang biasanya dijadikan objek adalah pohon kamboja serta daun trumbusan atau pandan. Bagi pecinta ukiran yang terkesan alami, memilih furniture dengan ukiran ini dapat dijadikan pilihan. Saat ini, motif ini dapat ditemui pada masjid Mantingan.

–    Motif Burung
Motif burung merupakan salah satu motif andalan dari furniture Jepara Mewah. Motif ini pada mulanya ditemukan pertama kali pada daun meja tempat R.A Kartini menjahit. Selain itu, motif ini pernah mengikuti pameran nasional pada tahun 1898 yang menjadi langkah awal Karya Jepara go international. Biasanya para perajin akan meletakkan ukiran burung bersama dengan ukiran daun untuk menambah kesan alami pada ukiran.

Selain beberapa motif tersebut terdapat motif lain yang digunakan oleh furniture Jepara Mewah.  Perpaduan kayu jati dengan beberapa bahan premium lain akan memberikan kesan mahal pada hunian anda. Selamat mencoba!