Klasifikasi Kayu Berdasarkan Kelasnya

Kayu merupakan bahan baku utama dalam pembuatan sebuah furniture, baik furniture perabot rumah tangga, maupun untuk lainnya. Kayu sendiri memiliki banyak kelas kualitas yang berbeda beda tergantung jenis kayu dan diameternya.

Karena banyaknya jenis kayu bila di bahas secara mendalam, kami akan memfokuskan membahas mengenai kayu jati saya yaa,,,

Kenapa kayu jati ???.. ya karena jenis kayu ini yang banyak digunakan sebagai furniture perabot rumah anda, sehingga anda tahu jenis kayu jati yang berkualitas. Dan bisa anda gunakan sebagai spesifikasi dalam pembuatan perabotan rumah anda nantinya.

Baiklah, gak usah panjang lebar bahas ini dan itu, nanti malah males sendiri karena gak  mulai-mulai pembahasannya, hehehehe

Langsung saja di bawah ini adalah ukurannya yaa,, simak baik-baik agar bermanfaat bagi anda kedepannya.

Berikut Klasifikasi Kayu Jati Berdasarkan kelasnya :

1. Kayu Jati TPK

Jenis kayu jati ini juga ada subkelasnya tersendiri, tidak semua kayu tpk berkualitas paling baik,, sehingga anda bila memesan sebuah produk tanyakan dulu spesifikasi kayunya, namun kayu tpk adalah kayu jati terbaik dari jenis lainnya.

  • TPK kelas A – jenis kayu jati dengan diameter diatas 50 cm, biasanya kayu dari jawa tengah, blora.
  • TPK kelas B – kayu jati yang memiliki diameter diameter antra 30-50 cm, paling bagus dari jawa tengah juga.
  • TPK Kelas C – berukuran kecil dibawah 30 cm , dan biasanya masih ada kulitnya. Namun sudah agak kering.

2. Kayu Jati Komponen

Jenis kayu ini biasanya sudah di buat kotak, dan kebanyakan berasal dari pulau sulawesi, hal ini bertujuan memudahkan pengiriman. Kayu jenis ini merupakan kelas no 2, bagus namun masih basah. Sehingga harus dikeringkan dahulu sebelum lanjut ke proses produksi.

3. Kayu Jati kampung

Untuk yang terakhir kayu yang ditanam oleh perorangan atau rakyat biasa di tanah yang mereka punya, biasanya kelurusan kurang, kayu berwarna agak putih, tidak coklat tua. Untuk itu harga dari kayu ini lebih murah. Kayu banyak susutnya, sehingga harus benar-benar dikeringkan agar tidak pecah atau patah saat proses furniture.

Nah diatas merupakan sedikit gambaran jenis kayu berdasarkan kelasnya, banyak di pusat industri mebel menggunakan kayu tersebut sesuai dengan produk nya.

Salah satu perusahaan mebel jepara yang memproduksi produk furniture berkualitas adalah www.dewamebel.com

Disana anda bisa memesan sesuai keinginan baik bahan baku, model produk dan juga warna finishingnya, memberikan sebuah solusi untuk anda dalam melengkapi kebutuhan furniture rumah.