Kegiatan Parenting PAUD Yang Mampu Meningkatkan Keterampilan Anak

Parenting merupakan suatu kiat dalam mengasuh anak yang dilakukan oleh orang tua tidak terbatas hanya orang tua biologis saja. Dalam hal ini peran guru juga sangat penting, sehingga guru juga harus mengetahui tentang parenting. PAUD merupakan pendidikan awal bagi anak setelah orang tua dan disinilah peran parenting sangat penting. Adanya PAUD diharapkan mampu memberikan perkembangan anak yang positif. Saat anak memasuki PAUD maka peran orang tua hanya memantau sedang perkembangan anak akan beralih pada kegiatan yang dilakukan oleh guru. Sehingga, perlu adanya kegiatan parenting PAUD yang dapat meningkatkan skill anak. 

Kegiatan Parenting PAUD Yang Bisa Meningkatkan Keterampilan Anak

Kegiatan yang ada di PAUD tentu saja harus dibuat menarik sehingga anak bisa menikmatinya.  Kegiatan yang ada juga harus mampu membuat keterampilan anak meningkat. Beberapa kegiatan parenting PAUD yang dapat meningkatkan keterampilan anak sebagai berikut. 

1. Fieldtrip 

Fieldtrip menjadi salah satu kegiatan parenting yang paling umum dilakukan. Kegiatan ini bisa berupa berkunjung ke tempat wisata yang didalamnya kita bisa bermain sambil belajar. Anak kecil biasanya akan mudah bosan sehingga suasana belajar harus asyik dan menyenangkan. Dengan berkunjung ke tempat wisata kita bisa membuat anak bermain dan refreshing. Selain itu, kita juga bisa mengenalkan beberapa hal yang di dalamnya sebagai bentuk belajar. 

2. Gathering 

Gathering merupakan sebuah acara berkumpul bersama dengan tujuan mengeratkan silaturahmi. Kegiatan parenting PAUD bisa dengan mengadakan gathering di mana tujuannya yaitu mengeratkan antara anak dan anak serta orang tua dan anak. Kegiatan ini, akan mampu mengembangkan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Acara gathering akan lebih baik jika didalamnya terdapat permainan atau acara dimana anak menunjukkan bakat mereka. 

3. Mini zoo

Mini zoo atau kebun binatang kecil juga bisa menjadi salah satu kegiatan parenting PAUD. Kita mengajarkan mereka untuk melindungi binatang, mengenal binatang, dan melindungi binatang. Anak biasanya akan takut akan binatang dan disitulah peran kita yaitu untuk mengenalkan bahwa tidak semua bintang itu berbahaya. 

Demikian, penjelasan mengenai kegiatan parenting PAUD yang bisa dilakukan. Semua kegiatan tersebut tentu saja untuk meningkatkan perkembangan anak dalam berbagai aspek. Semua peran sangat dibutuhkan bukan hanya guru namun juga orang tua. Dengan kolaborasi antara guru dan orang tua maka akan menciptakan anak yang bertanggung jawab, mandiri, serta intelektual. 

Sebagai referensi website tentang parenting, ada baiknya pergi ke situs bondanita.com.