Kenali Beberapa Jenis Kawat Gigi sebelum Memasangnya

Sebagian orang memiliki susunan gigi tidak rata yang mungkin menyebabkan rasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Selain mengganggu penampilan, posisi gigi yang tidak rata ternyata menyebabkan beberapa masalah lho, seperti terganggunya proses mengunyah makanan sehingga tidak maksimal. Salah satu solusi yang dilakukan untuk menanganinya adalah pemasangan kawat gigi yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti.

Secara umum kawat atau behel gigi berfungsi untuk memperbaiki jarak antar gigi yang terlalu renggang, gigi berdesakan/bengkok, serta rahang atas bawah yang tidak sejajar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pemasangan bisanya dipertahankan dalam jangka waktu 3 tahun. Hal tersebut dapat berubah sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan pun juga beragam, namun kisaran berada pada angka 5 juta. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan prosedur pemasangan behel gigi, salah satunya adalah mengetahui jenis kawat gigi yang akan digunakan.

Jenis Kawat Gigi yang Mungkin Bisa Menjadi Pilihanmu

pasang behel di bekasi

Jika kamu berminat untuk melakukan pemasangan behel gigi, maka sebaiknya datang ke spesialis ortodonti. Pada tahap awal dokter akan melakukan pemeriksaan pada kondisi gigimu, kemudian jika sudah diputuskan untuk melakukan pemasangan behel maka dokter akan menawarkan beberapa jenis kawat yang akan digunakan. Sebelum memutuskan jenis kawat yang akan digunakan, maka kamu perlu membaca beberapa informasi di bawah ini agar tidak salah pilih.

1.  Kawat Gigi Permanen/Konvensional

Jenis kawat ini tersusun dari bracket, kawat, dan cincin yang umumnya terbuat dari logam. Bracket merupakan kotak kecil yang ditempelkan pada gigi dengan menggunakan lem sebagai tempat bersandarnya kawat. Kawat ini digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang umum ditemukan di Indonesia. Kawat gigi ini bersifat permanen dan biasanya terlihat dengan jelas karena bahannya dari logam. Namun selain dari logam, bracket yang digunakan juga bisa terbuat dari keramik yang tentunya memiliki harga lebih mahal karena warnanya yang menyerupai gigi.

2.      Kawat Gigi Lepas-Pasang

Perbedaan kawat ini dengan sebelumnya adalah tidak menggunakan karet sebagai penyangga kawat dan terbuat dari metal hingga keramik. Jenis kawat ini juga lebih fleksibel dalam penggunaanya karena dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan, seperti ketika berolahraga. Namun kawat ini hanya dapat menyelesaikan masalah susunan gigi yang bersifat ringan.

3.      Kawat Gigi Fungsional

Untuk mengatasi masalah posisi rahang atas bawah yang tidak sejajar, mungkin kawat fungsional ini bisa menjadi solusinya. Jenis kawat ini biasanya terbuat dari plastik yang mudah dilepas pasang. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya pemakaian dilakukan secara terus menerus dan hanya dilepas ketika membersihkannya.

4.      Headgear

Jenis kawat selanjutnya yang mungkin dipakai adalah headgear. Pemakaian jenis behel ini biasanya dilakukan ketika tidur dengan mengaitkan kawat gigi pada kepala untuk menarik posisi gigi depan. Namun, selama penggunaanya pasien tidak dapat melakukan kegiatan makan dan minum. Jenis kawat ini jarang digunakan karena kurang fleksibel dalam pemakaiannya.

5.      Retainer

Ketika kawat gigi telah menunjukkan hasil baik dan dapat dilepas, pasien biasanya tetap dianjurkan untuk memakai retainer. Alat ini berfungsi untuk menstabilkan posisi gigi, gusi, dan tulang yang baru agar tidak kembali sepeti semula. Pemakaian ini biasanya tidak memerlukan waktu yang lama.

6.      Kawat Lingual

Jenis kawat ini mirip dengan kawat konvensional namun letak pemasangannya berbeda. Kawat lingual dipasang pada bagian belakang gigi dengan biaya yang lebih mahal karena terlihat seperti tidak menggunakan behel.

Itulah beberapa jenis kawat yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebelum memasangnya. Pilihlah jenis kawat dengan bijak sesuai dengan arahan dokter. Setelah selesai pemasangan maka kamu harus tetap menjaga kebersihan gigi dengan rajin kontrol ke klinik gigi kesayanganmu. Yang tinggal di Bekasi coba cari JB-Dental Clinic, disana dokter giginya ramah-ramah dan profesional. Hasil kerjanya pun memuaskan kok dan plusnya lagi biayanya bisa dicicil, jadi masih nyaman di kantong.