Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang ada di bumi yang bisa dimanfaatkan oleh hewan ataupun manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh sumber daya alam adalah seperti batu bara, emas, hewan, tumbuhan dan lainnya.

Dengan kekayaan alam yang kita miliki jangan lupa untuk memanfaatkannya sebaik mungkin guna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat ataupun negara dan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam sendiri di bedakan menjadi dua yaitu hayati dan non hayati. Bisanya sumber daya alam yang non hayati seperti batu bara ataupun emas. biasanya sumber daya alam seperti emas dan batu bara di olah secara langsung oleh pemerintah supaya hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Nah dengan kekayaan alam yang ada kita juga harus selalu menjaga kelestariannya lho supaya sumber daya alam yang ada tetap awet dan bisa di gunakan oleh generasi yang akan datang. Nah gimana sih usaha untuk menjaga kelestarian sumber daya alam?

penanaman pohon pada lahan yang gundul

Yuk langsung saja simak penjelasan singkat kami di bawah ini tentang hal yang bisa kamu lakukan untuk pelestarian sumber daya alam.

Baca juga informasi di https://alamalami.com/ tentang pengertian alam, lingkungan dan pohon yang tentunya informasi disajikan secara baik dan terpercaya.

Beberapa Usaha Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melestarikan Sumber Daya Alam

  1. Melakukan penanaman pohon pada hutan dan lahan yang gundul

Nah untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan penanaman pohon pada hutan yang gundul. Alasannya yaitu hutan berperan penting untuk menghasilkan berbagai sumber daya alam seperti hewan, tumbuhan dan bahan pangan.

Selain itu juga sumber utama penghasil oksigen berkualitas bagi manusia dan hewan. Apabila hutan yang ada di lingkungan kamu mengalami kerusakan pasti akan menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Karena pepohonan yang ada di hutan berperan sangat penting untuk meresap air hujan yang turun ataupun untuk menahan tanah agar tidak erosi.

2. Tidak melakukan penangkapan ikan di laut dengan cara meracun atau menggunakan bahan peledak

Bagi kamu yang sering melaut atau bekerja sebagai nelayan mohon untuk tidak melakukan penangkapan ikan yang ada di laut dengan alat berbahaya seperti racun dan bom. Karena hal tersebut dapat merusak ekosistem alami yang ada di sekitar laut seperti terumbu karang dan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan air.

Kamu bisa melakukan penangkapan ikan dengan cara yang lebih baik dengan menggunakan jaring ataupun pancing. Karena hal tersebut cukup aman bagi ekosistem yang ada di laut.

3. Menghemat penggunaan energi listrik

Nah yang ketiga kamu bisa menghemat penggunaan listrik di tempat tinggal kamu ataupun lingkunganmu karena listrik sendiri menggunakan bahan baku utama batu bara, gas alam dan lainnya.

Yang tentunya apabila kamu menggunakan secara berlebihan maka secara tidak langsung akan dapat merusak sumber daya alam karena semakin banyak penggunaan listrik semakin banyak pula pengambilan sumber daya alam seperti batu bara, gas alam dan sebagainya.