Jenis – Jenis Surat Yang Sebaiknya Kamu Tau

Hai sobat.. kapan terakhir dirimu berkirim surat ? surat apapun itu.. bukan surat email ya.. tapi benar-benar menulis surat dalam bentuk fisik.

Memang saat ini, email sudah menggantikan peran surat fisik dalam urusan surat menyurat. Alasannya tentu email lebih simple dan praktis.

Ada lembaga yang pernah saya temui mengirimkan 2 bentuk surat, surat dalam bentuk fisik yang dikirim melalui seseorang (bisa jadi petugas kantor pos) dan juga dikirim dalam bentuk email. Isinya tentu sama saja.. yang dikirim via email itu menggunakan sistem lampiran (hasil scan surat fisiknya yang lengkap dengan tanda tangan dan cap basah).

surat

Meskipun kirim surat mulai teralihkan dalam bentuk email, sebaiknya kamu tau, ini lo.. jenis-jenis surat yang biasa digunakan di Indonesia.

Surat pribadi

Surat pribadi adalah surat personal yang isinya berkaitan dengan urusan pribadi. Karena sekarang sudah ada whatsapp, telegram dan messenger, jarang sekali saat ini orang kirim surat secara pribadi. Tinggal tlp atau chat saja sudah beres urusan. Kecuali untuk hal – hal tertentu ya..

Surat Resmi

Namanya juga surat resmi, tentu ini lebih formal ya.. biasanya digunakan perusahaan atau instansi pemerintahan. Meskipun era modern sudah pakai email, surat resmi tetap digunakan. Email hanya sebagai opsi kedua.

Surat resmi punya ciri khas berupa kop surat, nomor surat, lampiran (jika ada lampiran), perihal dan juga ada cap atau logo stempel pada akhir surat (tanda tangan).

Cara penulisan pada surat resmi juga ada aturannya loh.. bahasanya harus baku dan mengikuti kaidah kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), apalagi jika itu surat dari kantor pemerintahan, gak bisa sembarangan nulis kamu, lo, gua..

 

Baca juga : ukuran kertas A4 dalam pixel

Sesuai dengan penggunaanya, berikut contoh – contoh surat resmi yang umum digunakan pada lembaga atau instansi pemerintahan :

  • Surat Permohonan : surat yang digunakan untuk mengajukan sesuatu
  • Surat Keputusan : surat yang berisi hasil keputusan dari atasan, istilah kerennya SK
  • Surat Kuasa : surat yang berisi tentang pernyataan diwakilkan, dikuasakan ke orang lain
  • Surat Perintah : surat yang isinya tentang perintah atau tugas, wajib di bawa ini surat
  • Surat Pengantar : surat pelengkap untuk mengantarkan sesuatu, surat rujukan
  • Surat Edaran : surat yang isinya tentang pemberitahuan umum
  • Surat Undangan : surat untuk memanggil seseorang atau lembaga

Surat Niaga

Surat niaga adalah surat yang berkaitan dengan urusan usaha, perdagangan, industri atau jasa. Intinya yang sifatnya ke dunia usaha gitu. Surat model seperti ini tidak melulu terikat aturan baku seperti surat resmi pada instansi pemerintahan.

Berikut beberapa contoh surat niaga yang mungkin pernah kamu temui tapi tidak tau apa namanya :

  • Surat Perkenalan : digunakan untuk mengenalkan suatu produk
  • Surat Penawaran : digunakan untuk menawarkan produk barang atau jasa
  • Surat Pesanan : surat buat pesan barang atau jasa.. udah fiks beli ini mah..
  • Surat Konfirmasi Pesanan : konfirmasi barang sudah diterima atau sampai
  • Surat Penolakan Pesanan : digunakan jika barang tidak ada, kosong atau habis
  • Surat Penagihan : buat yang punya hutang dan sudah jatuh tempo
  • Surat Penangguhan Pembayaran : jika yang ditagih belum bisa bayar hutang, kirimlah surat ini
  • Surat Pengaduan : nama lainnya surat komplain. Kalau barang tidak sesuai pesanan kirim surat ini

Surat Lamaran Kerja

Sesuai namanya, surat ini dipake buat ngelamar kerja. Aturannya lebih seperti surat resmi. Mungkin lebih tepatnya surat semi resmi karena tidak membutuhkan kop surat, nomor, cap dan logo.

Hanya saja bahasa yang digunakan harus resmi. Meskipun yang kamu lamar bukan instansi pemerintahan, dimanapun tujuan kamu lamar kerja.. wajib hukumnya pakai bahasa resmi.

Demikian informasi tentang Jenis – jenis surat, semoga bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya hanya di pediansa.com