Ini Dia 6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mengunjungi Raja Ampat Sekali Seumur Hidup

Kekayaan alam Indonesia sudah tidak lepas dengan keindahannya yang tidak ada habis-habisnya. Bahkan banyak orang dari mancanegara sudah mengakuinya. Salah satu keindahan alam Indonesia yang tidak ada habis-habisnya yaitu Raja Ampat. 

Tidak terbantahkan bahkan sudah diakui oleh dunia. Raja Ampat, merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata terbaik di Indonesia. Kecantikan dan keindahan alam yang sangat lengkap dari perbukitan, Danau, hingga dunia bawah lautnya yang begitu kaya akan keindahannya.

Saat kalian traveling ke sebuah tempat wisata pastinya memiliki banyak sekali kisah suka dukanya tentang tempat tersebut. Kenapa sih harus memilih dan kenapa harus mempertimbangkan kembali untuk berwisata ke pulau dengan kaya akan keindahan yang satu ini.

Bagi kalian yang masih bingung mengenai kenapa harus memilih Raja Ampat sebagai tempat wisata yang wajib kalian kunjungi.

1. Keindahan alam yang sangat indah

Keindahan alam di Raja Ampat sudah tidak ada habis-habisnya. Lokasi gugusan karang yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa di Raja yakni Pianemo, Kabui dan Wayag.

Gugusan karang tersebut adalah beberapa pulau-pulau kecil di tengah laut di Raja Ampat. Gradasi airnya sungguh mempesona, pantai pasir yang sangat bersih putih dan halus, laut yang begitu indah warna biru dan pulau-pulau kecil yang dapat membuat kalian terpesona akan keindahannya.

Raja Ampat sering mendapatkan penghargaan dunia, salah satunya website internasional, CNN Travel di tahun 2017 lalu Raja Ampat masuk dalam daftar Best Diving Spot in Asia.

2. Dunia Bawah Laut Terkaya Di Dunia

Bisa dibilang bahwa Raja Ampat merupakan salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Mungkin kalian berpikir bahwa hanya ada ikan-ikan dan kura-kura saja yang terdapat di tempat ini, namun berbeda dari yang kalian pikirkan, Raja Ampat menyediakan hamparan karang berwarna-warni yang gak bisa kamu lewatkan dan berbagai biota laut lainnya.

Bisa dibilang Raja Ampat merupakan rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska lainnya. Maka saat kalian mulai menyelam hati-hati saja, karena kalian akan terhipnotis akan keindahan dunia bawah laut Raja Ampat. 

Banyak spot-spot diving yang terbentang di Raja Ampat, beberapa spot yang terkenal yaitu Chicken Reef, Mike's Point, Manta's Point dan Blue Magic.

3. Flora dan Fauna yang Kaya

Bukan hanya dunia bawah laut Raja Ampat saja yang kaya akan keindahannya, Flora dan Fauna di Raja Ampat juga tidak kalah indahnya. Berbagai jenis burung khas Indonesia Timur yang penuh warna, seperti burung nuri, Maleo, burung kakaktua dan Cendrawasih.

Selain itu, Raja Ampat juga memiliki tempat surganya bunga anggrek. Maka dari itu, jangan heran kalau kalian berkunjung ke Raja Ampat seperti lagi di dunia fantasi dengan dunia yang penuh warna.

4. Banyak Pulau yang tidak Berpenghuni

Raja Ampat memiliki sekitar 610 pulau, namun faktanya masih ada pulau yang tidak berpenghuni. Di daerah Raja Ampat masih memiliki Kesadaran masyarakat yang terjaga, wisatawan dan pemerintah yang berkunjung terus menjaga kelestarian, dan Taman Nasional Raja Ampat yang masih terjaga dengan keindahannya. 

Maka dari itu, jangan heran lagi saat kalian diving sering bertemu dengan para diving lainnya. Bahkan para penyelam tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar menggunakan lampu kamera, karena bisa merusak ekosistem laut. 

5. Mempelajari tradisi masyarakat Raja Ampat

Masyarakat di Raja Ampat rata-rata memiliki profesi sebagai nelayan dengan menyelam atau dengan tombak. Dengan menangkap ikan dengan cara yang unik. 

Tentunya sulit bagi orang awam menangkap ikan seperti yang dilakukan masyarakat setempat, bahkan yang memiliki profesi nelayan pun kesusahan. Jadi saat berkunjung, cara unik yang dilakukan oleh masyarakat Raja Ampat tentunya menjadi salah satu objek wisata.

6. Melihat burung Cendrawasih Menari

Di Raja Ampat terdapat beberapa pulau yang memang sengaja dibuat untuk memanjakan para wisatawan. Selain keindahan alam, kalian bisa menyaksikan burung-burung Cendrawasih yang sedang menari untuk menikmati habitatnya. 

Cendrawasih yang sedang menari ini merupakan burung jantang yang sedang menarik perhatian bagi para cendrawasih betina. Bagi kalian yang tidak ingin melewatkan momen tersebut, di beberapa desa wisata kalian bisa menunggu dari jam 07.00 hingga 09.00 pagi atau menjelang sore atau sekitar jam 16.00-17.00.

Kekurangan berkunjung ke Raja Ampat yaitu karena mahal untuk berwisata, perjalanan untuk sampai ke Raja Ampat membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melewati berbagai tempat sehingga membuat para wisatawan bosan saat di perjalanan. Meskipun begitu, semuanya akan terbayarkan akan keindahan alam yang begitu mempesona.